Minggu, 27 November 2016

Sharing Perkembangan Anak Terlambat Bicara

Putra saya Edo, sejak usianya 2 tahun kami sudah menyadari keterlambatan perkembangan Edo dan membawanya ke Dokter tumbuh kembang di Jakarta. Pada saat itu Edo didiagnosa mengalami PDD NOS, karena salah satu ciri keterlambatan perkembangan, antara lain keterlambatan bicara, motorik, interaksi, dan sosialisasi.

Berkat terapi dan home program yang kami jalani, pada tahun2 awal terlihat perkembangan yang signifikan. Namun sejak menginjak usianya yang ke-4, kami melihat kemajuannya cukup stagnan, bicaranya tidak banyak berkembang, begitupula interaksi dan sosialisasi.

Sehingga kami coba mulai menjalankan diet alergi, namun usaha tersebut nampaknya tidak terlalu membawa hasil yang signifikan, karena masih saja hiperaktif dan kurang kontak matanya.

Sampai akhirnya saya berhenti bekerja untuk sendiri mengurus Edo, tapi nampaknya hasilnya juga tidak terlalu meningkat banyak. Feeling saya mengatakan sepertinya ada sesuatu yang kurang. Pada saat itu saya dalam hati berpikir, anak ini distimulasi sedemikian maksimalnya, dari terapi dan home program, kemudian menjalankan diet yang sangat menyiksa dia dan saya karena harus menahan makanan yang disukai, hingga ada jadi kurus dan terlihat kurang gizi. Kenapa masih belum berkembang baik ? Pasti ada sesuatu yang kurang, mungkin asupan nutrisi ke otaknya, ya wajar, soalnya kegiatan dan stimulasi banyak, makanan terbatas. Mungkin ini salah satunya.

Sehingga akhirnya kami membawanya ke Dokter tumbuh kembang lainnya yang sangat ternama di Jakarta, saya kemudian menemukan benang merahnya ketika Dokter tersebut kemudian menyarankan untuk memberikan Edo Vitamin Otak ("makanan" atau nutrisi utk Otaknya) yaitu suplemen perkembangan bicara (made in USA), yang kandungan utamanya adalah Omega 3 (EPA dan DHA) serta Vitamin D, E, dan K yang diformulasikan untuk anak yang berkebutuhan khusus (DHA nya diformulasikan khusus sehingga walaupun anak saya ada alergi terhadap minyak ikan pada umumnya dan biasanya kalau minum DHA akan membuatnya semakin aktif, tapi DHA dalam suplemen ini tidak membuatnya tambah aktif dan malah lebih tenang dan konsentrasi).

Disclaimer : Hasil pada setiap anak berbeda tergantung tingkat perkembangan

Kami sangat berterima kasih Tuhan menunjukkan jalan yang tepat ke Dokter tersebut, dan Dokter menyarankan suplemen yang sangat membantu perkembangan Edo. Pada usia 5 tahun Edo mulai mengkonsumsi suplemen tersebut, dan setelah 1 bulan mengkonsumsi suplemen tersebut, tidak hanya terlihat perkembangan bicaranya yang mengalami kemajuan berarti, tapi juga perkembangan lainnya, antara lain interaksi, kontak mata lebih lama, fokus, pemahaman, sosialisasi, kognitif dan akademis.

Saya sengaja tidak menginformasikan pihak sekolah (guru) dan terapis tentang tambahan suplemen ini, karena saya pengen lihat apakah perkembangan ini juga terasa di sekolah dan tempat terapi. Ternyata mereka merasakan hal yang sama. Perkembangan Edo yang cukup signifikan :

Disclaimer : Hasil pada setiap anak berbeda tergantung tingkat perkembangan


Perkembangan Bicara
Biasanya cukup susah dan perlu berulang2 untuk menambah kosakata dan mengajar menyusun kalimat. Tetapi sekarang daya serap bahasanya membaik, sehingga mengajarkan lebih mudah, bahkan sudah ada kata2 yang dia temukan dan ungkapkan sendiri (biasanya kata2 yang keluarkan itu harus seperti diinput dulu ke dalam memori dia)

Perkembangan interaksi dan kontak mata jauh lebih lama (bahkan dengan orang yang baru kenal)

Perkembangan sosialisasi, sudah mulai bisa inisiatif mengajak temannya bermain

Perkembangan kognitif dan konsentrasi
Lebih konsentrasi dan mudah menyerap apa yang kita ajarkan terutama untuk hal2 akademik seperti membaca, menulis, mengitung, mengerjakan buku2 aktivitas dan belajar music

Disclaimer : Hasil pada setiap anak berbeda tergantung tingkat perkembangan

Itu saja yang mau saya sampaikan, mudah2 menambah informasi yang bermanfaat juga bagi perkembangan putra/i bapak/ibu.

Untuk pembelian suplemen tersebut dapat menghubungi 085669184467 (WA/SMS only) atau di Tokopedia atau Shopee atau Bukalapak atau kunjungi website https://steffanibabyshop.com

Harga Suplemen tersebut Rp 1.000.000/kotak. Isi 60 butir/kotak (bisa untuk 5 minggu untuk konsumsi awal).

Bentuknya softgel (seperti kapsul minyak ikan yang bisa dibuka ujungnya lalu dituang cairannya ke sendok).
Dosis : 1 butir/hari selama 2 minggu pertama, lalu 2 butir/hari selama 2 minggu berikutnya, lalu 3 butir/hari selama 2 minggu berikutnya, dan seterusnya, sd max 4 butir/hari utk anak usia di bawah 5 tahun atau max 6 butir/hari utk anak di atas 5 thn.
Untuk konsumsi, bisa dicampur ke susu atau juice, yang penting susunya didinginkan dulu ke suhu normal baru dicampur dan diberikan ke anak.

Disclaimer : Hasil pada setiap anak berbeda tergantung tingkat perkembangan

Untuk keterangan lebih lanjut (bentuk suplemen, kandungan yang ditulis di kemasan, petunjuk penggunaan yang ditulis di kemasan, testimoni2 orang tua ABK/ anak terlambat bicara yang sudah menggunakan suplemen ini) dapat dilihat pada DISINI.


Untuk keterangan lebih lanjut (bentuk suplemen, kandungan yang ditulis di kemasan, petunjuk penggunaan yang ditulis di kemasan, testimoni2 orang tua ABK/ anak terlambat bicara yang sudah menggunakan suplemen ini) dapat dilihat pada DISINI atau Hubungi 085669184467(WA/SMS only) atau di Tokopedia atau Shopee atau Bukalapaatau kunjungi website https://steffanibabyshop.com

SEMOGA BERMANFAAT.


Disclaimer : Hasil pada setiap anak berbeda tergantung tingkat perkembangan


133 komentar:

  1. Kapan anak bisa berhenti mengkonsumsi suplemen nya? Apakah bisa "kambuh" adhd nya bila berhenti minum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak bisa berhenti konsumsi kalau perkembangannya dirasa sudah sesuai dengan harapan dan tidak ada ketergantungan bu. Tks.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Apa nama pitamin itu ibu. Itu dari dokter apa dari kita beli sendiri

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    5. Namanya Vitamin Speak Bu. Bisa dibeli sendiri. Untuk info lebih lanjut silakan WA atau SMS ke 0856 6918 4467. Terima Kasih.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Halo mba.. anak saya juga mengalami hal yg sama, blm bisa jelas bicara, malas ngmong, ga mau ngikutin kalo di ajari, kadang dia smp nanggis krna saya paksa ngomong :( kasian jg,. Dan dia jg ga mau bergaul dgn org lain..

    Seberapa lama proses perkembangannya setelah minum obat itu ya mba?
    Anak saya sudah 3,5 tahun..

    Makasih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Halo mbak anak umur 1 tahun 8 bulan, dia belum lancar bicara tapi kadang ndak fokus, kta orng tua saya hiperaktif mkanya lama bicaranya

    BalasHapus
  6. Halo mba... Anak saya umurnya 4 tahun 3 bulan bicaranya blm jelas,kadang saya aja ga ngerti apa yg dia bicarakan. Apakah setelah konsumsi lifetrients speak ada perubahan?

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Hai mbk
    Ank sya udia 1 tahun ttpi dia blm bsa agkt kpla,dduk sndri,kurang aktif,apkah ank sya bsad brikan nutrisi ini?
    Klau fleeling sya mgkin ntrisi ke otakny krg lncar..
    Trmksih

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Halo anak saya umur 6tahun tpi bicaranya seperti anak umur 1tahun. Susah diajari&kadang2 susah bergaul dengan teman sebayanya. Masih bisakah diberi vitamin ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibantu dgn konsumsi suplemen Speak bu. Utk informasi lebih lanjut silakan wa ke 0856 69184467.

      Hapus
  12. Anak saya hingga umur 1.5thn dpt bicara tapi sekarang g bisa bicara dan g bisa gaul ama yg lain, umur 8thn.
    Apakah bisa atau boleh pakai vitamin tsb? Ma kdh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibantu dgn konsumsi suplemen ini bu. Utk informasi lebih lanjut silakan wa ke 0856 69184467.

      Hapus
    2. harganya kok mahal y bu....

      Hapus
  13. Anak saya hingga umur 1.5thn dpt bicara tapi sekarang g bisa bicara dan g bisa gaul ama yg lain, umur 8thn.
    Apakah bisa atau boleh pakai vitamin tsb? Ma kdh

    BalasHapus
  14. Aman ga suplement nya..anak sy persis seperti edo(umur 4tahun 2 bln

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman Bu. Tidak ada efek samping maupun ketergantungan. Utk info lenih lanjut silakan wa ke 0856 69184467

      Hapus
  15. Halo adik saya juga mengalami hal yg sama udah umur 2,9 belum bisa bicara dengan normal

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Anak saya umur 8 tahun,sampai sekarang blm saya sekolahin,sebab dia blm bisa bicara dan terlalu asyik dengan dunianya sendiri,apa bisa untuk konsumsi obat ini

    BalasHapus
  19. Anak saya laki laki hanya bisa bicara ...enam,mamah,bapa,minum,sm emoh...kalau diajak bicara GK pernah mau liat,dipanggil kadang nengok kadang engga,,usia y sekarang 7 thn...apabisa dikasih vitamin ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibantu dgn konsumsi suplemen ini bu. Utk informasi lebih lanjut silakan wa ke 0856 69184467.

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Buk mau tanya anak saya Rani sudah 3 th
    Tapi belum juga bisa bicara,dan kata dokter Rani dows sindrom ,apakah bisa di kasih suplemen seperti Edo??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu, anaknya bisa konsumsi suplemen ini bu. Utk informasi lebih lanjut silakan wa ke 0856 69184467.

      Hapus
    2. mbak anak saya 7 thn blm lancar bicara karena waktu usia 2,5 thn anak saya sakit meningitis ,jd sampai sekarang perkembangannya terlambat motorik dan bicaranya ,apakah ada rekomendasi vitamin untuk anak saya???

      Hapus
  24. Ikut mampir
    Anak saya umur 4th blm bisa jln jg blm bisa bicara dulu terlahir prematur minta info untuk penangany bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. D ikutkan terapi tumbuh kembang anak bunda, bawa k dr/sikolog anak dulu nnti di tentuin sma drnya terapi apa aja yg harus d ikuti.

      Hapus
    2. Terapi gangguan tumbuh kembang anak.

      Hapus
  25. Bu,saya boleh minta wa ibu?gimana cara nya bisa dpt rujukam ke jakarta utk poli tumbuh kembang?apakah pakai bpjs bisa?

    BalasHapus
  26. Bu. Anak saya 5 tahun blom bisa bicara

    BalasHapus
  27. Anak saya 4.5 tahun juga blm lancar bicara..sudah d terapi katanya anaknya kurang fokus..dan lebih senang belajar dunia binatang..sebut warna n anggota tubuh blm mau..kalo d suruh nulis yaa corat coret semaunya sendiri

    BalasHapus
  28. Maaf buk seblum a, anak saya saat ini usia a 9 bln 2 minggu tpi blom bisa duduk sendri atau merangkak tdk seperti bayi pd umum a, dia merasa takut,untk mncoba a...tpi dia lbih senang berdiri rembetan sambil d pegangin, apakah ank saya ad kelainan

    BalasHapus
  29. Until USIA 12 tahun bisa apa tidak

    BalasHapus
  30. Usia anak sya 3th 8bln belum bisa berjalan dan bicara

    BalasHapus
  31. Anak sy umur 6thn blm bs jalan dan juga blm bs bicara dsebabkan skt epilepsi ap bs y dksh

    BalasHapus
  32. Anak sy usia 3th belum bisa bicara apa ya solusi yg terbaik untuk anak sy agar bisa cepat bicara

    BalasHapus
  33. usia anak saya sdh 7 tahun gak suka makan padat nasi hanya buah buahan apa aja suka

    BalasHapus
  34. Mba anak sy laki2 usia 7 thn kls1 sd tapi dikls tdk fokus selalu ada masalah dngn temannya dan blm bisa calistun.bgmn bisa minum vitamin ini mba.

    BalasHapus
  35. Bisa dibantu dgn suplemen ini Bu. Utk info lebih lanjut silakan diskusi via wa di no 0856 6918 4467. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba klu untuk usia 12 tahun boleh nggak. Trima kasih

      Hapus
  36. Mbak anak sy laki"
    Umurnya 3 tahun
    Tpi blm bs berbicara
    Dy cm bs nyebut kata ayah saja
    Selainya blm bs
    Dan anak ya hiperaktif
    Dan jalannya masih belum jejeg
    Apa bs minum suplemen ini...
    Dan sebelumnya maaf apa suplemen ya aman dan halal
    Terimakasih.?

    BalasHapus
  37. Mbak anak sy laki"
    Umurnya 3 tahun
    Tpi blm bs berbicara
    Dy cm bs nyebut kata ayah saja
    Selainya blm bs
    Dan anak ya hiperaktif
    Dan jalannya masih belum jejeg
    Apa bs minum suplemen ini...
    Dan sebelumnya maaf apa suplemen ya aman dan halal
    Terimakasih.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ksh suplement apa ya bunda klo boleh tau ?

      Hapus
    2. Namanya Suplemen Speak Lifetrients Bu.

      Hapus
    3. Anak saya usia 4tahun 2bln blm bisa bicara sepatah kata pun cuma ngoceh" gak dapat di mengerti terus kalau di panggil gak ngerespin tapi kalau mendengarvsuara tv langsung reapin dan gak bisa diam

      Hapus
  38. Bisa Bu dibantu dengan suplemen Speak. Silakan menghubungi via wa ke 0856 6918 4467 utk info lebih lanjut. Tks

    BalasHapus
  39. Saya mau bertanya anak saya usia sdh 3 tahun tapi blm tau bicara.. Boleh beri solusi nya? ? Saya berharap ada yg bisa bantu saya memberikan solusi

    BalasHapus
  40. Suplemen speak itu disarankan oleh dokter siapa ya nama nya ?
    Soalnya saudara saya ada juga yg SN

    BalasHapus
  41. Anak saya usia 5th belum lancar bicara dan hiperaktif. Apakah produk tersebut halal, dan berapa lama perubahan untun perkembangan anak?

    BalasHapus
  42. Anak saya umur 6thn bicara blm lancar dan kalau diajarin bicara nga fokus apakah bisa dibantu dengan vitamin otak, apa ya namanya?

    BalasHapus
  43. Vitamin yang bagus untuk anak yang belum bisa bicara dan jalan.dan belinya dimana?umur anak saya 2setengah tahun.

    BalasHapus
  44. anak saya umur 2 thn 9 bln jga blm lancar berbicara anak nya hiperaktif . apa kan bsa dikasih suplemen ?

    BalasHapus
  45. Anak saya 2 thn 9 bln blm bs bicara mbak. Klo blh tau ap y mbak nama vitamin otaknya ?

    BalasHapus
  46. Klo blh tau ap y mbak nama vitamin otaknya soalnya anak sya blm bs berbicara ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya suplemen Speak Lifetrients.
      Untuk info lebih lanjut silakan wa ke 0856 6918 4467

      Hapus
    2. Apakah bisa untuk anak tuna rungu

      Hapus
  47. Anak saya 18 bln blm bs bicara mbak. Klo blh tau ap y mbak nama vitamin otaknya ?

    BalasHapus
  48. Kalau anak usia 11 th masih bisa gak y bu minum vitamin otak nya

    BalasHapus
  49. anak saya sudah 4 tahun minum minyak minyak ikan speack.sekarang usianya 8.3bln .ada efek samping tidak ya..mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada efek samping maupun ketergantungan

      Hapus
  50. Ank saya umur 5 tahun lum bisa bicara Bru bisa mengucapkan mamah papah wawah,Moh dan KTA Laen lum jelas jg klw ditanya jg lum bisa menjawab

    BalasHapus
  51. Gimana caranya supaya ank saya bisa bicara dan bisa sekolah mengikuti pelajaran seperti ank2 PD laennya

    BalasHapus
  52. Anak saya umur 2 thun susah ngomong susah konsentrasi klo diajak ngomong matanya gk mau natap apa vitamin otak yg cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Bu. Silakan hubungi via wa ke no hp 0856 6918 4467

      Hapus
    2. Adaa BPOM nya gak nih speak +d nya dan halal gak

      Hapus
  53. Nama toko d shopee apa ya yg jual vitamin speak itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung klik link berikut utk ke toko di shopee
      https://shopee.co.id/product/69348504/1154349438?smtt=0.0.9

      Hapus
    2. Nama toko : Steffani's Baby Shop

      Hapus
  54. Mbak anak sya blm bsa bicara,fokus dn knsntrai krng, dn hiper aktif bsa gk d ksh obtnya,beli dmna dan berapa hrganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibantu dengan konsumsi Suplemen Speak Bu. Silakan menghubungi kami via WA di 085669184467. Terima Kasih.

      Hapus
  55. Bisa Bu. Belinya bisa lewat shopee di link : https://shopee.co.id/product/69348504/1154349438?smtt=0.0.9

    Harganya 1 juta per kotak isi 60 bisa utk 5 minggu utk konsumsi awal.
    Utk info lebih lanjut bisa wa ke no hp 0856 6918 4467.

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  57. Mb klo mau beli gimana caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibantu dengan konsumsi Suplemen Speak Bu. Silakan menghubungi kami via WA di 085669184467. Terima Kasih.

      Hapus
  58. mbak anak sy berumur 2 tahun 8bulan belum bisa bicara untuk panggil bunda aja dia blm bisa klo ingin sesuatu selalu tarik tangan sy atau bapknya, trus dia ketakutan bila didudukin di sepeda , naik dan turun tangga dan didudukin di kursi ngk pernh mau, bisa ngk dikasih nutrisi otaknya n gimn cara pesannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibantu dengan konsumsi Suplemen Speak Bu. Silakan menghubungi kami via WA di 085669184467. Terima Kasih.

      Hapus
  59. Apakah juga berlaku pada anak saya yg.jika ditanya pertanyaan apa jawabnya apa? Artinya gak nyambung dg pertanyaan saya.

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  61. Apakah vitamin ini berbau amis? karena anak saya ga suka kalo bau ambis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada rasa sedikit amis karena bahan dasarnya minyak ikan, namun ada rasa Lemon nya, dan utk konsumsi bisa dicampur ke minuman seperti juice dan minuman lainnya.

      Hapus
  62. Anak saya umur 7thn blm bisa bicara bahkan di ajak komoni kasi ngak nyambung apa bisa konsumsi vitamin ya buk

    BalasHapus
  63. Anak saya umur 7thn blm bisa bicara bahkan di ajak komoni kasi ngak nyambung apa bisa konsumsi vitamin ya buk

    BalasHapus
  64. Anak saya umur 7thn blm bisa bicara bahkan di ajak komoni kasi ngak nyambung apa bisa konsumsi vitamin ya buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibantu dengan konsumsi Suplemen Speak Bu. Silakan menghubungi kami via WA di 085669184467. Terima Kasih.

      Hapus
  65. Anak saya umurnya sudah 11 tahun belum bisa berbicara keluar suara tetapi tidak jelas n belum nalar masih suka2 dia dulu sangat aktif tetapi sekarang sudah agak berkurang kebiasaannya pukul botol aqua ke dagunya

    BalasHapus
  66. Anak saya umurnya 11 tahun belum bisa bicara keluar suara tetapi tidak jelas n belum nalar masih suka2 dia dulu sangat aktif tetapi sekarang sudah agak berkurang kebiasaannya yg masih pukul2 botol ke dagunya
    Apakah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi suplemen tks.?

    BalasHapus
  67. Untuk promosi product lebih di per banyak

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  69. Bu anak sya uda 5thn tpi blm lancar bicara.sekrg sy sekolahin Paud tpi dia gk konsen blajar cma main terus suka nggagu temanya.Tpi klo diajarin sebut kata2 bisa ngucapinya. Cma klo ditanya gk bsa jwb.. Gmna ya bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsentrasi dan fokusnya sepertinya masih perlu ditingkatkan Bu, dan bisa dibantu dengan konsumsi suplemen Speak. Silakan lanjut WA ke 0856 6918 4467 untuk info lebih lanjut.

      Hapus
    2. Anak berumor 3th belum bisa bicara

      Hapus
  70. Klu mau beli dimana

    BalasHapus
  71. Kalau mw beli dmn dan brp harganya

    BalasHapus
  72. Untuk pembelian silakan hubungi 085669184467 via WA chat. Terima Kasih

    BalasHapus
  73. Anak saya lahir prematur sekarang umur 6th.bicaranya belum lancar dan belum jelas.anak saya udah d masukin k sekolah bimba cuman kadang-kadang belum bisa fokus apakah bisa d bantu dengan mengkonsumsi suplemen speak.mohon penjelasan ny?

    BalasHapus
  74. Bu anak saya baru usia 2.5th belum bisa bicara .tapi anak saya di langi langit nya bolong dikit bawaan lahirnya apakah pengaruh di suaranya...apakah bisa mengkomsumsi suplemen mohon penjelasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu, tergantung penyebab keterlambatan perkembangan bicaranya Bu. Kalau disebabkan konsentrasi dan fokusnya yg masih belum optimal maka bisa dibantu dengan konsumsi suplemen speak.

      Hapus
  75. Anak saya umr 2 thn masih blm bs bicara,apa masih ada vitaminny

    BalasHapus
  76. Bun mau tanya..anak q usia 2.6 th blm bisa bicara padahal dulu bisa bilang mama, papa, cicak knp tiba2 g mau ngomong ya dan anaknya aktif sekali, sulit d ajak tatapan mata..apa vitamin ini bisa membantu

    BalasHapus
  77. anak sy umur 2 th blm bisa bicara. klu diajak ngomong tdk ngerspon

    BalasHapus
  78. sy mau vitaminnya . sy bisa beli di nama ? tlng bantu saya

    BalasHapus
  79. Ko ga ada gambar bntuk obtnya cuma cerita dan hargannya saja yg ditulis trima ksh

    BalasHapus
  80. cek darah juga buat mengetahui makanan yg tidak bisa di makan

    BalasHapus
  81. Ank ku 6thn msh 1 dua kata yg Bs..klo sosial udh mulai Ada perkembangan lmyn bgs..mororik2 nya mulai bgs meski msh krng sempurna..dy ventriculomegaly Hal scaning kepala nya..apakah bs konsumsi suplemen ini??

    BalasHapus
  82. Anakku sudah 2 tahun setengah baru bisa ngomong mama ayah ....apakah madu ini bisa membantu ??

    BalasHapus
  83. Bisa nggak untuk orang dewasa....??

    BalasHapus
  84. Bu ank saya umur 3,9 THN, bicara Bru bisa satu dua kata tapi saya tinggal di Riau kalau saya pesan apakah bisa di antar sampai tempat

    BalasHapus
  85. Bu ank saya usianya 3,9 THN dan bicaranya baru satu dua kata, tapi saya tinggal di Riau. Kalau saya pesan vitamin nya apa bisa di antar sampai tempat?

    BalasHapus
  86. Pagi ka.. maaf ka mau tanya anak saya 4 thn kata" yg baru di ucapkan blm bnyak dan dia susah bgt fokus... skrng anak saya sedang terapi tetapi setiap terapi nangis trs... apa suplement ini bisa buat ank saya lancar bicara n tingkat fokus nya

    BalasHapus
  87. Asslm..selamat siang... saya memiliki anak dalam perkembangannya dari sejak balita memang tergolong lambat... hal itu ditandai dengan dia susah untuk ngomong, berjalannya pada usia 21 bulan dan saat ini dia sudah berusia 8 tahun... dia blm lancar membaca, susah untuk menirukan orang berbicara dan dia susah untuk merangkai kalimat atau menceritakan kembali sebuah kejadian... dan kadang-kadang ngomonngnya sering terbalik2 susunan katanya... mhon solusinya ya pak/ibu

    BalasHapus
  88. Mau saya beli utk cucu saya yg sudah 6 tahun tsk lancar bicara dan konsentrasi
    Manurung WA+6281310308100

    BalasHapus
  89. Baunya amis x y bu,rasanya asem atau manis

    BalasHapus
  90. How to Play Spades - Legalbet.co.kr
    In order to play Spades, all cards have four cards 다파벳 (Cards, Clubs, Diamonds, Clubs and Clubs) in one hand (Deck, 우리카지노 Jokers and Ace of Spades). How to Play bk8 Spades - Legalbet.co.kr

    BalasHapus
  91. Airjack Casino - Sportsbook, Hotel, Slots, Casino - Jordan6
    Jordan6 Rewards what is the best air jordan 18 retro red - Hotel, Slots, Casino, how to find air jordan 18 retro men Casino - Jordan6 Rewards. Jordan6.com. Casino. air jordan 18 stockx on sale Hotel. how can i order air jordan 18 retro men Sportsbook. 토토사이트 소스 샤오미 Slots, Casino. Jordan6.com.

    BalasHapus